Langsung ke konten utama

Ujian Akhir Semester Genap (UAS) TA. 2019/2020

FAKULTAS PERTANIAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR
UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL / GENAP

Mata Ujian
: Sistem Informasi Geografis
Semester / Prodi
: IV / Agroteknologi
Hari / Tanggal
: Kamis / 4 Juni 2020
NPM
: 18025010018
Nama Mahasiswa
: Aprilia Setya Kurniawati











LEMBAR JAWABAN


1. Kinerja transportasi di perkotaan sehharusnya diukur sebagai acuan di masa mendatang menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Beberapa teknik analitik untuk menilai hubungan antara penggunaan lahan (bentuk perkotaan) dan transportasi, yaitu statistic deskriptif (eksploratif dan grafis metode), pemetaan spasial, statistic spasial, perjalanan funhsi preferensi, analisis regresi, seleksi model prediksi yang sesuai berdasarkan seri waktu data sensus dan penerapan model perjalanan scenario untuk distribusi penggunaan lahan. Klasifikasi aplikasi SIG untuk penggunaan transportasi perkotaan ada dua macam. Klasifikasi tersebut yaitu klasifikasi pencarian berdasarkan pendekatan GIS dan klasifikasi alat dan fungsi SIG untuk mengukur kinerja transportasi. Klasifikasi pencarian berdasarkan pendekatan SIG, yaitu aksebilitas, polusi suara, energi konsumsi, transportasi umum, lalu lintas dan jaringan jalan serta infrastruktur jalam. Aplikasi SIG dalam studi kinerja transportasi perkotaan dapat diklasifikasikan berdasarkan alat dan fungsi SIG untuk mengukur transportasi yaitu fungsi geocoding, fungsi analisis jaringan, fungsi analisis buffer atau penyangga, fungsi thiessen, fungsi alokasi garis lurus, analisis hamparan dan metode klasifikasi. Klasifikasi tersebut memudahkan pengendara mendapatkan informasi rute dan lalu lintas jalan yang dibutuhkan.

2.      Jawab.
a.  Pengorganisasian data geografis, yaitu pengelompokkan perangkat keras dan perangkat lunak dalam mengubah data menjadi informasi yang dapat diterima oleh khalayak ramai, seperti memasukkan dan pengumpulan data (input), proses atau pengolahan data (analisa) dan memvisualkan data (output).
b.   Pemeliharaan data spasial adalah perubahan file data spasial menjadi struktur data dan format file oleh perangkat lunak Sistem Informasi Geografis.
c. Pemeliharaan atribut data adalah pengeditan atribut (list, add, delete, dan lain-lain) dan menggambarkan query dari database (sesuai dengan kriteria tertentu) sebagai pelengkap data spasial berupa diagram, tabural maupun teks.
d.  Analisis terpadu data atribut dan keruangan adalah menganalisis data spasial dan atribut secara bersamaan, seperti pengembalian kembali (retrieval), klasifikasi, pengukuran, overlay dan conflation.
e.  Arithmetic overlay yaitu pengombinasian dua layer menjadi masukkannya, seperti penambahaan layer, multiplication, division dan lain-lain.
3.      Jawab.
a.   Menganalisis untuk mengukur distribusi suatu kejadian berdasarkan keruangan (permukaan bumi), seperti kondisi topografi, vegetasi, perairan dan lain-lain. Terdapat lima hal yang dipelajari dari statistik spasial, yaitu statistic centrographic, analisis pola titik, analisis tetangga tedekat, auotokorelasi spasial, korelasi dan regresi.
b.  Standar deviasi spasial adalah nilai yang dipakai untuk menunjukkan suatu ukuran dispersi atau variasi, seperti standar deviasi dari jarak setiap titik dari pusat rata-rata.
c.   Skewnes Koefisien Korelasi adalah koefisien kemiringan atau derajat ketidaksimetrisan dari suatu distribusi.
d.   Tipe-tipe distribusinya, yaitu Random, uniform dan clustered.
e.   Statistic centrographic adalah deskriptor dasar untuk distribusi titik spasial yang dapat diterapkan untuk polygon dengan mendapatkan pusat dari setiap polygon.
4.      Jawab.
a.  Model Binary yaitu model yang menggunakan pengharkatan biner yaitu 0 atau 1. Hasil dari pemodelan biner cenderung bersifat mutlak.
b.  Model Ranking yaitu model paling sederhana untuk pemberian nilai bobot setiap parameter yang disusun berdasarkan rankingnya. Penentuan ranking bersifat subjektif dan dapat dilaksanakan secara langsung.
c.   Model Rating yaitu sebagai rentang resolusi peta yang lebih besar dengan skala 1 sampai 9 pada setiap kondisi.
d.  Model Weighted Rating yaitu penggunaan skala yang konsisten (lebih dari dua negara) sebagai penanda habitat, namun ini adalah rata-rata tertimbang. Weighted ratig mengembangkan peringkat relatif. Dengan faktor-faktor paling kritis yang diberi bobot.
5.      Kesehatan.
Aplikasi SIG di bidang Kesehatan bekerja dalam pemantauan epidemiologis dan kesehatan masyarakat. Secara geografis dapat melacak indikator kesehatan masyarakat, mengidentifikasi kelompok penyakit dan menelajahi situs-situs yang berisiko lingkungan. Contohnya dengan mengadakan cek kesehatan secara online untuk mendiagnosa pasien COVID-19 baru-baru ini. Hal tersebut dilakukan agar gugus depan (pemerintah dan tenaga medis) virusnya mengetahui kondisi dan posisi pasien tanpa harus bertatap muka secara langsung agar dapat memutus rantai penyebaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah pengaruh kebersihan kelas terhadap konsentrasi belajar siswa

            MAKALAH PENGARUH KEBERSIHAN KELAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA                                                                                                                      KELAS 9-4    NAMA KELOMPOK 3 : 1.      ANDREAN CANDRA LESMANA          ( 03 ) 2.      APRILIA SETYA KURNIAWATI          ( 05 ) 3.      DHALIA INDAH CAHYANI                   ( 07 ) 4.      FRANSISKA SELLA IRMA RAHAYU ( 12 ) 5.      LAILATUL IZZAH AL-HAKIM            ( 16 ) 6.      MAULIDIA DWI  UTAMI                       ( 23 ) 7.      SONIA TRISMAWATI                             ( 32 ) SMP BA

Manfaat Internet bagi Perbankan

MAKALAH MANFAAT INTERNET BAGI PERBANKAN                            1. PEMANFAATAN INTERNET DI BIDANG PERBANKAN Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking, antara lain : transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening(bisa berupa tabungan, koran, giro, ataupun deposito). Internet Banking disebut juga dengan online banking(menurut situs Wikipedia)adalah melakukan transaksi, pembayaran, transaksi lainnya melalui dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Internet banking sangat membantu nasabah bank karena bisa melakukan transaksi perbankan di luar jam kerja bank yang sering pendek. Hanya membutuhkan koneksi internet dan web browser seperti Internet Explorer. Penyebab internet banking berkembang dengan cepat yaitu, karena mereka menyukai berbagai kemudahan